Selasa, 28 Oktober 2008

Epic Metal vs Symphonic Power Metal

Lagi sibuk di kantor, bos lagi cuti (lagi) dan kerjaan semua aku yg kerjain.

Yah... masih berkutat dengan entry data SAP (System Application and Product and Data Processing). Temen2 kantor suka mlesetin singkatannya jadi Sistem Asal Pencet.
Ada juga yang bilang Setan Aja Pusing.....!!! hahahhaa.... :D


Yah karena pada awal2 implementasinya dulu emang suuuusssyyaaah.. luar binasa.. karena kurang familiar dengan jargon2 di dalamnya, karena adaptasi bahasa jerman-inggrisnya yang emang rada2 aneh, dan banyak banget parameter2 yang harus diisi tiap kali transaksi. Pokoknya mbulet dech!!

SAP aslinya sih bahasa Jerman, tp aku lupa2 dikit, soalnya waktu diajak ngobrol ama Klaus Meine (vocalist-nya Scorpions) itu waktu aku cuek bgt (*NGIMPI MODE=ON*).
Jadinya bahasa Jerman ku minim bgt (sebenernya sih emang gak bisa.. hehe) kecuali Ich Liebe Dich dan Achtung. Kosakata yg pertama tadi aku dpt dari kamus cinta yg udah basi, dan Achtung aku dapat dari papan2 peringatan yang nempel di mesin2 di tempat kerjaku, yg kebanyakan buatan Jerman.

Oh ya, ngomong2 soal Jerman.. yg notabene masih termasuk salah satu negara penjajah-Eropa (kata nenekku sih...) ada satu aliran musik dari negara ini yang belakangan ini 'meracuni' pikiran dan telingaku. Yaitu aliran Symphonic Power Metal, atau sering disebut dengan Symphonic
Metal ataupun Epic Metal saja.


Cukup menarik, mengingat sejarah musik ini juga aku belum cukup tahu.
Setahuku cuman ada Gothic Metal aja, itupun cuma satu band yang aku tahu yang 'memaksaku' jatuh cinta padanya.. yaitu EVANESCENCE. Dengan pioneernya Amy Lee dan Ben Moody (yang belakangan keluar untuk solo karir).

Band-band yang mengusung aliran ini pun ternyata cukup buanyaaak, meski jarang sekali yang terkenal (NIGHTWISH pun aku baru tahu.. hehe.. maklum... pemula). Ada pula Within Temptation, After Forever, Vision of Atlantis... dan tentu saja My Fave: Evanescence!!

Secara nama, mereka keren2 banget!! gak ada yg jelek ato katro' seperti Kangen Band, misalnya (hehehe.. sori bro... ga bermaksud menghina fans KB.. just feel aneh aja denger nama itu).

Dan ada filosofi yang dalem bgt pada setiap lirik lagu2 mereka. Simak aja lirik lagu 'Amaranth' dari Nightwish. Artinya dalem banget... soal kemunafikan manusia dan lain2.

Berikut ini adalah list dari Band2 beraliran Symphonic Power Metal yang aku tahu sebagian (meski aku belum dengerin lagu2 mereka semua):

- After Forever (Symphonic Power Metal)
- Amberian Dawn (Symphonic power metal)
- Angra (Symphonic power metal/Progressive metal)
- Avantasia (Symphonic power metal)
- Dark Moor (Symphonic power metal)














- Dragonland (Symphonic power metal)
- Edenbridge (Symphonic power metal)
- Fairyland (Symphonic power metal)
- Freedom Call (Symphonic power metal)
- HolyHell (Symphonic power metal)
- Luca Turilli (Symphonic power metal)
- Luca Turilli's Dreamquest (Symphonic power metal)
- Nightwish (Symphonic power metal)
- Rhapsody of Fire (Symphonic power metal)
- Skyfire (Symphonic death/power metal)
- Sonata Arctica (Symphonic power metal)
- Stratovarius (Symphonic power metal)
- Versailles (Symphonic power metal)
- Vision of Atlantis (Symphonic/Gothic Metal)
- Within Temptation (Symphonic/gothic alternative metal)

Buat yang penasaran, silakan kunjungi youtube.com dan ketikkan nightwish, atau after forever, atau evanescence.. untuk melihat betapa 'Dark' vid-clip mereka yang penuh dengan simfoni orkestrasi yang indah.... serasa musik ratusan dewa-dewi.. (hehe.. lebay...) ^_^

10 komentar:

  1. Bisa minta tolong kasi biography+discography nya ga??
    yg lengkaaap yaaah...???
    terutama yg evanescence aja yaah massss...
    makaciii....

    BalasHapus
  2. iya sih pas denger musik2 itu, qta kayak dibawa ke suasana suatu konser yang aura megahnya kerajaan dewa-dewi tuh kenceng bangetz.. aku bisa enjoy banget dengerin musik2 ini pas jiwaku ngerasa marah, kecewa, ato nyimpen sebel ama sesuatu ato seseorang..
    Tapi kalo pas lagi biasa aja, ya ndengerinnya juga jadi biasa..
    Wah, apa aku aja yah yang orangnya moody-an..tergantung mood aku lagi apa..hehehe

    Tapi secara keseluruhan, musik aliran Epic Metal ini emang keren, bisa membuat kita seakan-akan idup di masa2 victorian gitu..TOP dech!!

    BalasHapus
  3. within temptation forever dah..
    ^_^

    BalasHapus
  4. oiya mas mas mas..ada punya gambar WT yang dipajang di posting ini yang bisa dipake untuk dijadiin layout yang gambarnya keliatan full??

    TQ..

    BalasHapus
  5. Waahahaha, aku baru mo bilang klo bojoku ngefans sama within temptation... Ternyata dia sudah komen disini duluan...
    hehe

    BalasHapus
  6. Yellowsweetbee wanna-bee... ^_^
    ya ada laaah... liat aja FS punya aku... Within Temptation punya kaaaaaaannn........???

    BalasHapus
  7. within Temptation en Nighwish mank tiada duanya!

    BalasHapus
  8. thank you anonim... kalo bisa jgn pake anonim dunk... pake ID apa aja.. ntar bisa follow2an sekalian nambah temen buat sharing pengalaman dan share tulisan. Oce....??

    BalasHapus
  9. yes!! saya punya band epic metal yang mengcoper lagu2 dari band yang disebutin di atas (meski masih 17.325 mil jauhnya dari bagus),terutama apter poreper dan nightwish, tapi band saya tidak memainkan epanescence. (maap,saya orang sunda, dan tak mengenal hurup f dan v ^_^)

    BalasHapus
  10. Lho.....
    baru tau kalo ada org sunda komen disini pula.
    tp pliz jgn pake anonim donk ah..
    at least kasih nama dibawah, inisial jg gpp.
    misalnya AJENG.. gitu :p

    Betul sekali, dari dulu ampe sekarang sy jg masih nyari temen2 yg ngepen ama mereka.
    Bahkan pengen ngeband ama mereka... tp syusyah nyarinya..paling syusyah nyari pokalis ceweknya...
    (lho..kok jadi ikutan pake 'p'.. nggak 'v'.. hehe..)
    \m/

    BalasHapus

Silakan mengisikan comment mengenai artikel ini, yg penting sopan dan jgn menyinggung SARA ya... thx!